Rabu, 20 Juni 2012

PERTEMUAN KE TIGA

الإسلام عقيدة وشريعة
ISLAM AKIDAH DAN SYARI’AH


تَلَقَّى محمّد عن ربّه الأصلَ الجامعَ للإسلام في عقائده وتشريعه، وهو القرآن الكريم، وكان القرآنُ عند الله وعند المسلمين المصدرَ الأوّلَ في تَعَرُّفِ التعاليم الأساسية للإسلام. ومن القرآن عُرِفَ أنّ الإسلام له فرعان أساسيان، لا تُوْجَدُ حقيقتُه، ولا يُوْجَد معناه إلا إذا أخَذ الفرعان نَصِيْبَهما من الوجود في عقل الإنسان وقلبه وحياته، وهذان الفرعان هما: العقيدة والشريعة.
Nabi Muhammad mendapat wahyu dari tuhannya berupa pokok-pokok universal Islam dalam akidah dan syari’ahnya, yaitu Al Qur’an Al Karim. Al Qur’an -di sisi Allah dan orang islam-adalah sumber awal untuk mengetahui ajaran inti islam. Dari Al Qur’an diketahui bahwa Islam memiliki dua cabang fundamental yaitu akidah dan syari’ah.

والعقيدة هي الجانبُ النَّظَرِيّ الذي يُطْلَب الإيمانُ به -قبلَ كل شيء- إيمانا لا شكّ فيه ولا شُبْهَةَ. فمن طبيعتها كَثْرَةُ النصوص الواضحة على تقريرها، وإجماعُ المسلمين عليها من ابتداء الدَّعْوَة مع ما حدَث بينهم من اختلاف بعد ذلك.
والعقيدة أوّلُ ما دعا إليه الرسولُ، وطُلِبَ من الناس الإيمانُ به مُنْذُ المرحلة الأولى من مراحل الدعوة. وهي دعوةُ كلِّ رسولٍ جاء من قِبَلِ اللهِ، كما دلَّ على ذلك القرآنُ في حديثه عن الأنبياء والمرسلين.
والشريعة هي النُّظُمُ التي شرَعها اللهُ ليأخذ الإنسانُ بها نفسَه في علاقته بربّه، وعلاقتِه بأخيه المسلم، وعلاقتِه بأخيه الإنسان، وعلاقتِه بالكون، وعلاقتِه بالحياة.

Akidah adalah sisi teoritis yang menghendaki untuk diimani –sebelum segala sesuatu- dengan keimanan yang tiada keraguan dan kesamaran di dalamnya. Secara otomatisada banyak teks-teks yang secara jelas menguatkannya, dan ijma’ umat Islam sejak masa awal dakwah, meski terjadi perbedaan pendapat pada masa setelahnya.
Akidah adalah perkara yang pertama kali yang diserukan oleh Rasulullah SAW dan menuntut manusia untuk mengimaninya sejak fase awal dari periode dakwah. Ia merupakan seruan semua rasul yang diutus oleh Allah sebagaimana ditunjukkan oleh Al Qur’an dalam firmannya tentang para nabi dan rasul.
Syari’ah adalah system yang disyariatkan oleh Allah agar menjadi pedoman baginya dalam hubungannya dengan Tuhan, sesama muslim, sesama manusia, alam dan kehidupan.

العقيدة والشريعة في تعبير القرآن:
Akidah Dan Syari’ah Dalam Ungkapan Al Qur’an

وقد عَبَّرَ القرآن عن العقيدة بـ«الإيـمان» وعن الشريعة بـ«العمل الصالح»، وجاء ذلك في كثير من آياته الصريحة: ﴿إِنَّ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلاً خَالِدِيْنَ فِيْهَا لاَ يَبْغُوْنَ عَنْهَا حِوَلاً﴾ ﴿مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ﴾ ﴿وَالْعَصْرِ إِنَّ الإِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍ إِلاَّ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ﴾
ومن هنا نعلَم أن الإسلامَ لم يكن عقيدةً فقط، ولم تكن مُهِمَّتُهُ تنظيمَ العلاقة بين الإنسان وربّه فقط، وإنما كان عقيدةً، وكان شريعةً تُوَجِّهُ الإنسانَ إلى جميع نواحى الخير في الحياة.

Al Qur’an mengungkapkan kata “akidah” dengan istilah “al iman” sedangkan kata “syari’ah” dengan ungkapan “al amal as sholih” dan terdapat di banyak ayatnya:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah dari padanya .(al kahfi: 107-108)
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan(an nahl: 97)
Demi masa Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran ( al ‘ashr: 1-3)
Dari sini kita tahu bahwa Islam bukan hanya akidah saja, dan juga bukan hanya mengatur hubungan manusia dengan tuhannya saja akan tetapi Islam adalah akidah dan syari’ah yang membimbing manusia kepada semua segi kebaikan dalam kehidupannya.

العقيدة أصل والشريعة فرع:
Akidah Adalah Pangkal dan Syari’ah Adalah Cabang

والعقيدة في الإسلام هي الأصلُ الذي تُبْنَى عليه الشريعةُ، والشريعة أثرٌ تابع للعقيدة. ومِنْ ثَمَّ فليس للشريعة وُجُوْدٌ في الإسلام إلا بوجود العقيدة، كما ليس للشريعة اِزْدِهَارٌ إلا في ظِلِّ العقيدة. ذلك أن الشريعةَ بدون العقيدة عُلْوٌ ليس له أساسٌ.
«الإسلام عقيدة وشريعة بتصرف»

Akidah dalam Islam adalah pangkal yang membangun syari’ah, dan syari’ah datang berikutnya mengikuti akidah. Begitu pula dalam Islam tak akan ada syariat kecuali dengan adanya akidah, sebagaimana syariah tidak dapat berkembang kecuali di bawah naungan akidah, hal itu karena kalau syari’ah tanpa akidah layaknya atas tanpa asas.
((Islam akidah dan syari’ah, dengan saduran))

أ/ المفردات الأساسية
Kosa Kata Dasar
تَلَقَّى/يَتَلَقَّى- وُجِدَ/يُوْجَد – النَظَرِيّ – شُبْهَة - طَبِيْعَة - أَجْمَع/يُجْمِع - دَلَّ/يَدُلّ - نِظَام/نُظُم – قِبَل - شَرَع/يَشْرَع - عَبَّر/يُعَبِّر- نُزُلا – حِوَلا - جَزَى/يَجْزِي – مُهِمَّة – وَجَّه/ يُوَجِّه - أَثَر –تَوَاصَوْا / وصي - اِزْدَهَر/يَزْدَهِر/اِزْدِهَار - عُلْو .




ب/ فهم النص
Memahami Teks
ضع علامة (ص) إذا كانت العبارات الآتية صحيحة، وضع علامة (خ)
إذا كانت خاطئة!
Berilah Tanda (sh) Apabila Pernyataan Berikut Ini Benar, Dan Tanda (Kh) Kalau Salah ٍ
1- القرآن الكريم هو المصدر الأول في تعرف التعاليم الأساسية للإسلام ( )
1. Al Qur’an al akrim adalah sumber awal dalam mengetahui ajaran dasar Islam ( )
2- توجد حقيقة الإسلام ويوجد معناه بدون العقيدة والشريعة ( )
2. Hakikat Islam dan maknanya dapat terwujud dengan tanpa akidah dan syariah ( )
3- العقيدة هي الجانب النظري الذي يطلب الإيمان به ( )
3. akidah adalah sisi teoritis yang harus diimani. ( )
4- والعقيدة هي النظم التي شرعها الله أو شرع أصولها ليأخذ الإنسان بها نفسه في علاقته بربّه وبأخيه المسلم وبأخيه الإنسان وبالكون وبالحياة ( )
4. akidah adalah system yang di syariatkan oleh Allah atau Dia menyariatkan pokok-pokoknya agar manusia menjadikannya pedoman dalam hubungannya dengan Allah, sesama muslim, sesama manusia, alam, dan kehidupan.
5- عبر القرآن الكريم عن العقيدة بالأعمال الصالحة وعن الشريعة بالإيمان ( )
5. Al Qur’an mengungkapkan akidah dengan amal sholih dan mengungkapn syariah dengan iman.
( )
6-لم تكن مهمة الإسلام تنظيم العلاقة بين الإنسان وربّه فقط ( )
6. misi islam tidak sebatas mengatur hubungan manusia dengan tuhannya saja. ( )
7- كان الإسلام عقيدة وشريعة لا توجِّه الإنسان إلى جميع نواحي الخير في الحياة ( )
7. Islam dengan akidah dan syariatnya tidak membimbing manusia kepada semua kebaikan dalam kehidupan. ( )
8- كانت العقيدة في الإسلام فرعا وكانت الشريعة أصلا ( )
8. akidah dalam Islam adalah cabang sementara syariat adalah pangkal. ( )
9- لا وجود للشريعة في الإسلام إلا بوجود العقيدة ( )
9. tak akan ada syariat dalam islam kecuali dengan adanya akidah. ( )
10- والعقيدة بدون الشريعة عُلْو ليس له أساس ( )
10. akidah tanpa syariah bagai atas tanpa asas. ( )

== م ==




المحاضرة الرابعة
Pertemuan Ke Empat

اَلْمُسَاوَاة في الإسلام
Persamaan Dalam Islam

قرّرَ الإسلام مَبْدأَ المساواةِ، كما قرّرَ مبدأَ الْحُرِّيَّةِ وَالإِخَاءِ في العالَمِ لأوّل مرَّةٍ في التاريخ، وكان ذلك أَسْبَقَ من الدُّعَاةِ إلى المبادئ في العصر الحديث بِأَكْثَرَ مِنْ أَلْفِ عامٍ.

Islam telah menetapkan prinsip persamaan, sebagaimana telah mentapkan prinsip kebebasan dan persaudaraan untuk pertama kalinya dalam panggung sejarah. Hal tersebut lebih awal dari para penyeru prinsip ini di era modern sejak lebih dari 1000 tahun silam.

ولم يكن تقريرُ هذه المبادئ تقريرًا نظرياً كما حَدَثَ في فَرَنْسَا وفي أَمْرِيْكا وفي هَيْئَةِ الأُمَمِ المُتَّحِدَة، حَيْثُ وُضِعَتْ المَبادِئ. ولم يُنَفَّذْ منها إلا القليلُ بِحَسَب أَهْواءِ الأُمَمِ القَوِيَّة. وقد دَعا الإسلامُ إلى هذه المبادئِ وطَبَّقَها النبيُّ (ص) وتَبِعَه الصحابةُ. وسادَت المبادئ المجتمعَ الإسلاميَّ في أقطارِ الأرضِ. وها نحن نَعْرض صُوَرًا عَمَلِيَّةً للمساواةِ في الدَوْلة الإسلامية.

Penetapan prinsip ini bukan hanya penetapan teoritis saja seperti yang terjadi di Prancis, Amerika, dan dewan PBB yang mana menetapkan prinsip akan tetapi tidak ada pelaksanaannya kecuali sedikit saja sesuai dengan kehendak hawa Negara-negara kuat. Islam menyeru prinsip ini dan Nabi Muhammad SAW menerapkannya dan para sahabat mengikuti jejaknya. Prinsip ini menghegemoni Negara Islam di seluruh penjuru dunia. Sekarang kita akan menampilkan beberapa contoh pengamalan prinsip persamaan dalam Negara Islam.

كانت التكاليفُ الشرعيةُ -من صلاةٍ وصومٍ وزكاةٍ وحجٍّ وغيرِها عامةً- تُطَالِبُ كلَّ مسلمٍ بأن يُؤَدِّيَها بدون استثناءِ أحدٍ منها.
الصلاة - وهي الرُكن الثاني من أركانِ الإسلام - تتجَلىّ فيها المساواةُ، إذ يَقِف المسلمون صُفوفًا يَتَجَاوَرُ فيها الصغيرُ والكبيرُ، والغنيُّ والفقيرُ، والْحُرُّ والعَبْدُ. وكلّهم يركَعون لإلهٍ واحدٍ. وكذلك تتجلىّ المساواةُ في زِيّ الحجِّ الْمُوَحَّد وفي أداء مَنَاسِكِهِ.

Taklif-taklif syariat berupa sholat, zakat, puasa, ibadah haji dan selainnya menuntut semua muslim untuk melaksanakannya dengan tanpa terkecuali.
Sholat yang merupakan rukun kedua dari rukun islam secara jelas menampilkan prinsip persamaan, karena umat islam berdiri berbaris bersaf-saf yang diisi oleh orang besar kecil, kaya miskin, orang merdeka dan budak, dan semuanya ruku’ kepada satu tuhan, begitu pula tampak prinsip persamaan dalam satu busana ibadah haji dan pelaksanaannya.

تُنَفَّذُ الحدودُ على جميع المسلمين بلا استثناءٍ، لا كما كانت الحالُ عند الدُوَلِ الكُبْرَى قبلَ الإسلام، إذ كانت القوانينُ تنفَّذ على العامّة فقط. ونذكر هنا أَمْرَ المرأة المخزوميّة التي سَرَقَتْ، وَاسْتَشْفَع أهلُها بأُسَامَةَ بنِ زيدٍ لحُبِّ الرسول إياه. فلمَّا كلَّم النبيَّ (ص) فيها غَضِبَ، وقال له: أَتَشْفَعُ في حدٍّ من حُدودِ الله؟ إنّ بني إسرائيلَ كانوا إذا سَرَق فيهم الشريفُ تركوه، وإذا سرَق فيهم الضعيفُ قطعوه. واللهِ لو أن فاطمةَ بنتَ محمّدٍ سَرَقَتْ لقطعتُ يدَها.

System hudud juga diterapkan kepada semua orang islam tanpa terkecuali. Tidak seperti kondisi yang terjadi di Negara-negara besar sebelum Islam, karena undang-undang hanya diberlakukan kepada rakyat jelata saja. Dalam hal ini saya sebutkan kisah seorang perempuan dari bani Makhzum yang mencuri, dan pihak keluarganya berusaha melobi Usamah bin Zaid karena Rasulullah SAW mencintainya (Usamah). Maka tatkala Usamah menceritakan perihalnya kepada Nabi Muhammad SAW, beliau marah, dan berkata kepadanya: “apakah kamu hendak melobi terhadap hukuman dari hukuman-hukuman Allah? Sesungguhnya bani Israil apabila kaum bangsawannya mencuri, mereka membiarkannya, dan ketika kaum lemah mencuri, mereka memotong tangannya. Demi Allah, kalaulah Fathimah putri Muhammad mencuri, maka saya potong tangannya.”

كان القِصاصُ مَرْعِيًّا بين الناس جميعا وإن اختلفت درجاتُ الْمُعْتَدِي والْمُعْتَدَى عليه. من ذلك: أنّ النبي (ص) قال للناس يوما: «أيها الناس، مَنْ أخذتُ له مالاً، فهذا مالي فَلْيَأْخُذْ منه، ومن ضربتُه ضربةً فَلْيَقْتَصَّ مني من قَبْلِ يومِ القيامة».

Qishash juga diterapkan kepada semua orang, meskipun berbeda tingkatan antara si pelaku dan korban. Diantaranya bahwa pada suatu hari Nabi SAW berkata kepada orang banyak: wahai sekalian manusia, barang siapa yang saya ambil hartanya, maka inilah hartaku dan ambillah darinya, barang siapa yang pernah saya pukul maka qishashlah aku sebelum datang hari qiyamat.

كان النبي يُشْعِرُ أصحابَه المساواةَ في سُلوكه معهم، فقد أرادوا مرّةً على أن يَحْمِلُوْا نَصِيبَه من العمل في سَفَرٍ، فقال: عَلِمْتُ أنكم تَكُفُّوْنَنِيْ، لكنّني أكرَهُ أنْ أَتَمَيَّزَ عليكم، وإنّ الله سبحانه وتعالى يَكْرَهُ من عبدِه أن يراه مُمَيَّزًا بين أصحابه. وحَدَّثَ أبو هريرة أنه خرج مع النبي إلى السوق ليشتريَ سَراويلَ، فلمّا أراد أن يحملها عنه، قال له: صاحبُ الشيءِ أَحَقُّ بأن يحملَه. وقد اقتدى به الصحابةُ، فهذا أبو بكر في خطبته عندما وُلِّيَ الخلافةَ يقول: «أيها الناس إنّي وُلِّيْتُ عليكم ولستُ بخيرِكم. فإنْ رأيتموني على حقّ فأَعِيْنُوْنِي، وإنْ رأيتموني على باطل فسَدِّدُوْنِيْ، أَطِيْعُوْنِيْ ما أَطَعْتُ اللهَ فيكم، فإذا عَصَيْتُه فلا طاعةَ لي عليكم، ألا إنّ أقواكم عندي الضعيفُ حتى آخذَ الحقَّ له، وأَضْعَفَكم عندي القويُّ حتّى آخذَ الحقَّ منه».
«المطالعة والنصوص بتصرف»

Nabi Muhammad SAW menerapkan rasa persamaan dalam tingkah lakunya kepada para sahabatnya. Suatu ketika -dalam bepergian- para sahabat hendak membawakan bagian kerja Rasul, lalu beliau berkata: saya tahu kalian hendak mencegahku, akan tetapi saya tidak suka menjadi orang yang diistimewakan diantara kalian. Dan sesungguhnya Allah SWT membenci hambanya kalau Dia melihatnya diistimewakan diantara teman-temannya. Abu Hurairah menceritakan bahwa dia keluar bersama Rasulullah SAW ke pasar untuk membeli celana, maka ketika Abu Hurairah hendak membawakannya Rasul berkata: pemilik barang lebih berhak untuk membawanya. Para sahabatpun meniru Rasulullah SAW. Abu Bakar RA dalam khutbahnya ketika mendapat kepercayaan khalifah berkata: wahai sekalian manusia saya dipercaya memimpin oleh kalian dan saya bukanlah orang terbaik diantara kalian, maka apabila kalian mendapatiku dalam kebenaran maka bantulah aku, dan kalau melihatku dalam kebatilan maka luruskanlah aku, taatilah aku selagi aku mentaati Allah dalam urusan kalian, kalau aku bermaksiat padaNya maka tak ada taat kepadaku bagi kalian. Ingatlah sesungguhnya orang yang paling kuat diantara kalian adalah orang lemah bagi saya sampai aku mengambil hak untuknya, dan orang paling lemah diantara kalian adalah orang kuat bagi saya sampai aku mengambil hak darinya.

أ/ المفردات الأساسية
A. Kosa Kata Dasar
قرّر/يقرّر/تقرير - هَيْئَة الأُمَمِ المُتَّحِدَة - نَفَّذَ/يُنَفِّذ/تَنْفِيْذ - طَبَّقَ/يُطَبِّق/تَطْبِيْق –سادَ/يسود- طَالَب/يُطَالِبُ/مُطالبَة - تَجَلَّى/يَتَجَلَّى/تَجَلِّى - تَجَاوَر/يَتَجَاوَر/ تجاوُر – قَانُوْن ج قَوَانِيْن- اسْتَشْفَعَ/يَسْتَشْفِع/ اسْتِشْفَاع - سَرَقَ/يَسْرِق/سَرِقَة - اعْتَدَى/يَعْتَدِي/اِعْتِدَاء - اقْتَصَّ/يَقْتَصُّ/اِقْتِصَاص - أَشْعَرَ/يُشْعِر/إِشْعَار – كَفَّ/يَكُفّ/كَفّ – وَلَّى/ يُوَلِّي/تَوْلِيَة – سَدَّد/يُسَدِّد .

ب/فهم النص
B. Memahami Teks

 كمل الجمل الآتية باختيار كلمات مناسبة وفقا للنص السابق!
Sempurnakan kalimat dibawah ini dengan memilih kata-kata yang tepat sesuai dengan teks diatas!
1- قرّر الإسلام مبدأ المساواة كما قرّر مبدأ ....
(الاستعمار - الحرية - التعاون)
1. Islam menetapkan prinsip persamaan sebagaimana menetapkan prinsip…..
(penjajahan-kebebasan-tolong menolong)
2-لم يكن تقرير مبدأ المساواة في الإسلام تقريرا ... كما حدث في فرنسا وفي أمريكا. (حقيقيا - نظريا - عمليا)
2. Penetapan prinsip persamaan dalam Islam bukan hanya penetapan…..sebagaimana yang terjadi di Prancis dan Amerika. (secara nyata-secara teoritis-secara praktek)
3- دعا الإسلام إلى مبدأ المساواة وطبقها النبي (ص) وتبعه ....
(الأنبياء - الرسل - الصحابة)
3.Islam menyeru prinsip persamaan dan diterapkan oleh Nabi SAW dan diikuti oleh….. (para nabi-para rasul-sahabat)
4- كانت التكاليف الشرعية تطالب كل مسلم بأن ... بدون استثناء.
(يتركها - يحبّها - يؤديها)
4. taklif-taklif syari’at menuntut semua muslim untuk…..tanpa terkecuali (meninggalkannya-mencintainya-melaksanakannya)
5- في الصلاة ... المساواةُ من بين المُصَلّين.
(تتجلى - ترى - تجد)
5. dalam shalat…..persamaan antara jamaah sholat (tampak-kelihatan-ditemukan)
6- ليس هناك استثناء في تنفيذ ... على جميع المسلمين.
(الحدود - الأجر - العقاب)
6. disana tidak ada pengecualian dalam pelaksanaan…..terhadap semua orang Islam. (hukuman-pahala-siksa)
7- كانت القوانين عند الدول الكبرى قبل الإسلام تنفَّذ على ... فقط.
(كل إنسان - رجل - العامة)
7. dahulu undang-undang di Negara-negara besar sebelum Islam hanya diberlakukan kepada…..saja. (semua manusia-laki-laki-rakyat jelata)
8- كان القصاص مرعيا بين الناس جميعا وإن اختلفت ... المعتدى والمعتدى عليه (أعمال - درجة - درجات)
8. Hukum qishash diberlakukan kepada semua manusia meskipun berbeda…..pelaku dan korban. (perbuatan-tingkatan-tingkatan-tingkatan)
9- كان النبي يشعر أصحابه المساواة في ... معهم.
(صلاته - عبادته - سلوكه)
9. Nabi Muhammad SAW menampilkan rasa persamaan kepada para sahabatnya dalam…..bersama mereka. (sholatnya-ibadahnya-tingkah lakunya)
10- إن النبي يكره أن يتميز على أصحابه، لأ ن الله سبحانه وتعالى يكره من عبده أن يراه ... بين أصحابه.
(مميزا - متساويا - مختلفا)
10. Nabi Muhammad SAW tidak suka menjadi istimewa atas para sahabatnya, karena Allah SWT membenci hambaNya apabila Dia melihatnya…..diantara para sahabatnya.(diistimewakan-sepadan-berbeda)


== م ==

1 komentar:

  1. Terjemahin sekalian dong buat materi seterusnya ustadz, supaya lebih gamlang memahami isi keseluruhan bukunny...trimakasih

    BalasHapus