Senin, 09 April 2012

contoh karya tulis dan makalah




ANALISIS
PENDIDIKAN ISLAM DALAM PRESFEKTIF SOSIOLOGI
   A.    Analisis Tentang Pendidikan Islam Dalam Presfektif Sosiologi
Tantangan yang dihadapi oleh pendidikan khususnya pendidikan Islam dalam kacamata sosiologi ketika kita merujuk pada teori Prof.Dr.H. Abdullah Ali, M.A dalam bukunya Sosiologi Pendidikan dan Dakwa halaman 173 terdapat dua aspek  yaitu terkait dengan proses modernisasi dan yang kedua terkait dengan informasi global. Dimana kedua masalah tersebut sangat mempengaruhi bagi pendidikan khususnya pendidikan Islam. Adapun masalah yang terkait dengan proses modernisasi berdampak pada :Orang mulai mengalami kehidupan modern, Berkembangnya tradisi rasionalisme, Munculnya gerakan emansipasi dan budaya tekhnologi, Gejalah borjuisme, Kesadaran zaman baru, Kekacauan social politik, dan Menimbulkan krisis kemanusiaan
Beberapa Aspek diatas tidak dapat dihindari Dan mau tidak mau pendidikan kita harus menerima. Dimana dampak modernisasi itu berpengaruh bagi pendidikan termasuk komponen-komponen yang ada di pendidikan seperti kurikulum, guru, murid, media pembelajaran, metode, strategi tak terkecuali lulusannya. Disamping proses modirnisasi informasi global jga sangat berpengaruh bagi pendidikan, yang salah-satu dampaknya adalah :persaingan ketat, transformasi budaya asing tanpa batas, cenderung bebas norma bebas nilai, berkembangnya sikap hidup materialisme dan hedonisme, degradasi nilai spiritual. Pendidikan Islam harus bias membawa visi dan misi Islam, seperti Visi dari pendidikan Islam adalah haru mewujudkan model pendidian islam terpadu berbasisikan Islam, sedangkan misi dari pendidikan Islam sendiri adalah : membimbing siswa hidup dijalan Islam, menggerakan pengetahuan berdasarkan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islam, menghaluskan Akhlak siswa, mendidik jiwa serta menanamkan nilai-nilai sosial kebajikan. Jadi walaupun dewasa sekarang ini pendidikan Islam mempunyai banyak tantangan baik modernisasi atau globalisasi, pendidikan Islam dituntut harus bias mewujudkn visi dan misi nya.

B.     Deskripsi Masalah Pendidikaan yang ada di Sekolah
Banyak masalah-masalah yang terjadi di lembaga pendidikan Islam baik meyangkut mengenai sarana atau prasarana pendidikan tersebut. Misalnya ada lembaga pendidikan yang notabennya Islam tapi keluaran Tau Out Put pendidikannya jauh dari hasil yang diinginkan sesuai dengan visi dan misi pendidikan itu sendiri. Dimana keluaran dari pendidikan apalagi pendidikan Islam harus kelurannya/lulusannya mempunyai pengetahuan yang luas dan berakhlakul karimah, tapi kenyataannya masi banyak lembaga pendidikan yang tidak bisa mencetak  lulusan yang demikian, mungkin faktornya cukup banyak, diataranya keprofesionalan guru seperti dalam lembaga tertentu ada sekolahan yang tidak memperthatikan keprofesionalan guru misalnya banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan kompetensinya seprti guru matematika mengajar agama dan lain-lain, padahal kondisi demikian sangat berpengaruh bagi tujuan pendidikan.
C.    Kaitannya masalah dengan teori pendidikan
Deskripsi masalah yang ada di poin B ketika kita kaitkan dengan teori-teori yang ada dalam  pendidikan adalah kita tau bahwa sosok guru idealnya harus berkompetensi. Tapi ketika seorang guru tidak berkompetensi dalam mengajar katakanlah tidak professional tujuan pendidikan tidak berhasil. Al-Qur’an sendiri memberikan teori kepada kita seperti dalam surat Al-Nahl ayat 43 ( kalimat Ahl Dzikir : ahli peringatan) bahwa seorang pendidik harus ahli dalam bidang apapun terutama terhadap bidang yang diajarnya, terlebih dalam hadis nabi dikatakan bahwa ketika psuatu perkara tidak diberikan kepada yang ahlinya maka timbulah kehancuran. Jadi kesimpulannya seorang guru dalam lembaga pendidikan manapun harus ahli agar tujuan pendidikan dapat tercapai.  

3 komentar:

  1. Mksh.... msh belajar nulis Kang....)

    BalasHapus
  2. Ini sekedar contoh...... hayooo Nulis yang banyak dan pastinya Kreatiiiiiiff !!!!

    BalasHapus