Senin, 30 April 2012

puisiku

angin pada komposisi 1

angin itulah yang membawaku pada pekuburan
atas nama cinta. Melengkapi sejarah ilalang
atau impian tentang kisah baridin dan ratmina
alangkah sulit mengurai kerinduan kanak-kanak
agar kecemasan dan kekosongan tidak mengalirkan
airmata diantara gemuruh kehidupan yang suntuk
anisah ingin kutawarkan padamu tentang semilir
angin yang menyimpann keindahan cinta raja-raja
atau suluk ki dalang melenakan


"Indramayu"

Minggu, 29 April 2012

Puisiku

Orasi Sunyi

pada sepi yang menggigit. Hanya dingin
pagi mengembun sunyi. Warta kabut
menjarah kesejukanmu. Elissah
bagi senyummu. Ombak pun gelisah
memimpikan pengembaraan pasar-pasar
hatimu jadi batu Elissah. Begitu kelam
menghanyutkan rindu. Pada hening
muara dan batu kali

"Indramayu"

puisiku

siklus angin

siapa menebar jaring di balik tambang karat
menawarkan semilir angin di ketiak malam
kata laki-laki itu

ladang kering bawa warta di detik-detik
tak nampak warna cuaca
pada cakrawala sorga penghabisan

kembali lonceng berdentang semesta bumi
bangkitlah suluh namun ia berjalan
jauhkan mimpi-mimpi bahwa hutan
semakin tandus


"Indramayu"

Jumat, 27 April 2012

puisiku

lanskap

dan jarum terdiam
pada tiap loncatan jam

langit hanya bisu
burung-burung terbang
angin tinggal bayang-bayang

malam kembali meluruki sisa mimpi
beberapa luka sempat lahir
pada pilar isyarat doa
tapi masihkah kita pertanyakan
tentang ombak dan sisa air


"Indramayu"

Kamis, 26 April 2012

puisiku

khalwat malam

siapa menebar sunyi begitu hening
malam pun terjaga. Bintang-bintang bergerak
menuju pusat-pusat hati merebah begitu wisik
merundukkan sujud dalam rakaat panjang
istirah. Bagi pengembaraan rohani
aku pun hijrah berkhalwat surau-surau jiwa
dan kerlip bintang udara memadat
dalam ruang memudar. Aku pun pahatkan sunyi
menekan jiwa-jiwa diterbangkan malam purnama
lembar sajadah sujudkan angin melayari sunyi
muara dan keheningan menghumus rawa-rawa
diam. Berpendar juga bayang bulan
dalam siluet memucat kubur-kubur laut
menghempas lengang gelombang keperihanmu
terguris luka garam. Dalam lantunan hikayat
meniti pengembaraan sunyi khidir


"Indramayu"

Rabu, 25 April 2012

puisiku

mimpi orang-orang

memasuki gairah ombak yang meninabobokan
orang-orang. Diterjemahkan embun berguguran
atas rumputan diam-diam telah merampas segala
impian tentang cahaya yang menerangi perjalanan
hidup dan mencari rahasia. Sementara kata-kata
terkubur masa silam tertumpuk di keranjang kantor
yang menyimpan kebusukan sejarah. Tersaji di meja
makan sambil membaca koran tentang pertumbuhan
ekonomi yang menyumbat peredaran darah rakyat
tiba-tiba kita terkenang perjuanggan. Pahlawan
kehilangan batu nisan di antara taman-taman kota
dengan lampu-lampu merkuri di setiap sudutnya
aku terus mabuk. Menghitung beberapa hutang membebani
anak cucu adam yang mendiami tanah leluhurnya
hanya retorika menanggalkan almanak dari
jadwal. Terkapar di antara seminar


"Indramayu"

Selasa, 24 April 2012

puisiku

gerimis

gerimis pun menyapamu disenja muram
tapi dingin yang menyebarkan aroma cimanuk
barangkali sebuah kutukan pada mimpi-mimpi
tentang perjalanan ki tinggil membakar hutan
moyangku. Di sini sajadah yang kau bentangkan
di pelarungan rumah dan rambutmu tergerai basah
oleh embun semalam telah menitis dalam tidur
sayang kita melupakan doa yang diajarkan sejarah
melingkar-lingkar sepanjang pesisir. Suaramu
kudengar lewat debur ombak mengantarkan kepiting
dan umang-umang kebisuan karang-karang
di sini. Lautkah yang mempertemukan nyi endang
dengan airmata mengeja hari-hari penuh harap
karena beban dan kenangan


"Indramayu"

puisiku

doa airmata

menyebrangi sungai gairah orang-orang
ajalku mengejar sampah-sampah bagi firdausmu
impian. Kupahat ruang dalam sorga yang membakar
angin mengusap gelombang rambut di malam-malam
pada sisir muara aku kembali menjaga laut
mencari ubu-ubur. Memetahkan arah angin
dan merasakan aroma garammu
kita pun bergegas membongkar karang-karang
dalam mimpi para nelayan pulang. Segalanya
akan mengaliri sungai-sungai ziarah rahasia
orang-orang semakin suntuk. Menghitung detik
waktu diterjemahkan kegamangan airmata
yang merapat ke sisi musim


"Indramayu"

Minggu, 22 April 2012

puisiku

hujan pada notasi 5

barangkali kita harus mengerti tentang hujan
yang tak sempat turun menghantarkan mimpi para petani
dan tangismu membawa ruh dalam buntalan kapal kandas
menghamburkan lecutan jerami anak-anak gembala
padahal baru saja kita nikmati suling dermayon
yang menenggelamkan rindumu

"Indramayu"

Sabtu, 21 April 2012

Puisiku

nocturno

barangkali kita akan suntuk
menghikmati percakapan sunyi.
Menderas dalam ricik air
siapa menebarkan sunyi dalam dada terbakar
menyala. Nuraniku sesaput embun
menandai persujudan suci
jiwaku terkapar melafalkan ratusan doa
begitu hening dan fana

"Indramayu"

puisiku

ekstase malam

tak ada yang bisa kupahami
juga kersik daun. Berbagi malam
dan kerlip bintang. Udara memadat
dalam ruang memucat
aku pahatkan sunyi. Menekan
jiwa-jiwa diterbangkan malam
purnama. Lembar sajadah
sujudkan angin melayari
sunyi muara sungai-sungai
dan keabadian


"Indramayu"

puisiku

ruang tunggu

ada yang kita lupakan. Sebaris kata
merayap dindind-dinding purba. Mengalirkan
irama keterasingan. Rintik hujan
putarkan beribu kenangan yang diendapkan
bianglala. Luka menganga
menerangi gelisah 25 watt
kursi-meja-asbak-vas bunga
tersudutkan di serambi muka. Dalam hening
menyeruak percakapan


"Indramayu"

Kamis, 19 April 2012

puisiku

impresi tentang cicak

seekor cicak merambat dinding batu
sehabis hujan membekas di bibir jendela kaca
kau mencoba menerka siapa bakal terlahir
sebelum subuh menjemput pagi
entahlah barangkali angin itu tak akrab
mengiringi bunyi-bunyian atas semacam ketulusan
demi mengalirnya rahasia-rahasia

sore hari seekor cicak jatuh
dari langit-langit pembaringan
entahlah oleh siapa


" Indramayu "

Rabu, 18 April 2012

Puisiku

Sajak Cinta

cintaku padamu elissah. Seumpama melati
yang kusuntingkan di antara rambut terurai
melengkapi kebohongan jaman pada lembaran
koran pagi yang menimbulkan perselingkuhan
agar anak-anak terlahir bukan dari kebohongan
bukan pula dari rasa mendayu merambati nurani
hingga dapat kubayangkan wajah nasibku

cintaku padamu elissah. Adalah ombak
yang selalu mengelus bibir pantai melambari
desir angin agar dapat kupahami kesengsaraan
bagi orang-orang tak lagi butuh balakurawa
untuk menuliskan prasasti menjadi miliknya
hingga narasoma pun rela meninggalkan
gelanggang kuruserta tanpa rasa malu

cintaku padamu elissah. Bagai burung merpati
sayang kau bukan setiawati yang paham sejarah
dan membangun lapar agar anak yang terlahir
dari rahimmu nanti dapat memahami penderitaan
hingga kau menemukan sorga yang dijanjikan
pada malam-malam sehabis kita merampungkan
penantian di sela-sela kebisingan kota
yang merintih


" Indramayu "

Minggu, 15 April 2012

puisiku

Percakapan matahari

telah kukirim kabut dalam tidurmu
atau senyum yang tak habis-habisnya dimengerti
tentang kengerian. Membekap wajah-wajah rumputan
isyaratku tenggelam pada musim penghabisan dan dingin
kulipat wangi rambutmu. Membiarkan mimpi terbang
melingkari kelahiran sebab ada yang luput kuceritakan
tentang orang-orang berlarian mengejar bayangan bulan
singgah diantara pucuk-pucuk daun kering. terserak
kemarau pun mengajarkan kesetiaan dan kesabaran
semantara kau pun asyik mengetik. Sebab hujan
mengantarkan aroma matahari

Indramayu

Puisiku

Suluk

tidak ada pergulatan
setiap wajah buram cuma rupa
dan hening saat air
kecemasan membekas pada langit
hitam membayang jiwa
'aku jiwa terpecah'
bagai debur ombak menembusi awan
menyerap kian kemari pada cermin
berdetak. Belumkah hilang makna
dalam cita tinggal rangka

Indramayu


Sabtu, 14 April 2012

Puisiku

kubur laut
keheningan menghunus rawa-rawa diam
berpendar juga bayang bulan. Dalam siluet
memucat. Kubur-kubur laut
menghempas lenggang-gelombang. Keperihanmu
menggoresn luka garam. dalam lantunan hikayat
begitu purba. setia mengeja laut
letih. Meniti Pengembaran sunyi khidir

"Indramayu"

puisiku

kubur laut

keheningan menghunus rawa-rawa diam
berpendar juga bayang bulan. Dalam siluet
memucat. kubur-kubur laut
menghempas lenggang gelombang. Keperihanmu
menggores luka garam. Dalam lantunan hikayat
begitu purba. Setia mengeja laut
letih. Meniti pengembaraan sunyi khidir

"Indramayu"

Kamis, 12 April 2012

Puisiku

Biografi sunyi



sunyi yang menghadang di malam-malam. Di sini
menggusur kenangan dari jalan-jalan yang membesarkan
kanak-kanak dan detak jantung menyisakan airmata
seperti peperangan di bumi moyangku
mengacaukan gerak tengki-tengki. Sepanjang pesisir
kita pun kehilangan sanak-saudara diberangus amarah
seperti ternak-ternak kehilangan induk. Di sini
angin pantai semakin menyempitkan nafas kerinduan
yang kita bangun bersama impian bertahun-tahun
aku terus hanyut diantara limbah-limbah pabrik
membaringkan sakit hati alam. Pada cahaya bulan
yang menterjemahkan kerinduanku padamu
tapi luka menggores wajah istriku terlanjur tumbuh
di setiap pori-pori. Membuatku tangkas menghitung
hari-hari mengantarkan irama pembusukan ini
seperti aura nelayan mengusung gelombang gelombang. Laut
aku pun bergegas menebar jaring serupa legenda
moyangku mencari pembenaran

" INDRAMAYU "

Rabu, 11 April 2012

سيرة Samsul

رحلة من Samsul الحياة

ولدت Samsul في قرية Lemahmekar اندرامايو 25 ديسمبر 1975. أول ابن من Yohanto السيد. انتعاش وWarniti السيدة. Nunung Nurhaeni زوجة الحبيب وتعمل في مجال الخدمة المدنية في منطقة بو اندرامايو المستوطنات، وفرح أنيسة Fathurrahman هيا حافظ لي أقدم وأصغر من الحب وهما واحد منا.
رحلتي الوظيفي، وأصبح مدرسا في المدارس الدينية Diniyah منذ عام 1994 ويدرس الآن في مختلف مدارس / المدارس الدينية، بما في ذلك:

أ. المدارس الدينية آل الهداية Diniyah Lemahmekar اندرامايو
2. المدارس الدينية Diniyah As'saamiyah الجمارك Udik اندرامايو
3. المدرسة الوطنية العليا جديد Pekandangan اندرامايو
4. شهادة مهنية وطنية عالية مدرسة Pekandangan اندرامايو

الحمد لله نشطة أيضا في مختلف الأنشطة، بما في ذلك:

- رئيس Koprasi الوطني المهني مدرسة ثانوية Pekandangan اندرامايو
- رئيس مجلس إدارة شركة ishlah مسجد الازدهار Margadadi اندرامايو
- مدرسا فخري في وزارة منطقة اندرامايو الدينية

والتعليم، وبعد تخرجه من على مقاعد البدلاء من مدرسة الاقتصاد العليا المهني في عام 1995، لا تزال بالضرورة تعليمهم في الكلية، ولكن الحمد لله في عام 2005، تلقى تعليمه في الكلية الإسلامية في جاكرتا الدين Saalahuddin الأيوبي، ومرة ​​أخرى الآن اتخاذ الحمد لله مشاركة Isalam الباحث في معهد الشؤون الدينية سيربون "الشيخ Nurjati".

الإقامة، وتجنب الشمس والامطار الباردة، والحمد لله نحن تحتل كوخ في الدولة وفورات البنك انداه Margalaksana الإسكان 2، جالان ماتارام 2 عدد 05، قرية Margadadi اندرامايو، اندونيسيا.

الدراجات النارية:

- أي شخص تأخذ على محمل الجد بالتأكيد النجاح
- فكرة بلا عمل هي الحلم يوم
- عرق الحياة يجب أن تبلور، يرافقه جهد الصلاة مفتاح النجاح




Biography Samsul

Journey of Life Samsul

Samsul was born in the village of Lemahmekar Indramayu December 25, 1975. The firstson of Mr. Yohanto. A Pick and Mrs Warniti. Nunung Nurhaeni beloved wife is working as civil servants in the PU Settlements Indramayu district, Farah Annisa HayaFathurrahman my oldest and youngest Hafiz of the love the two of us.
My career journey, became a teacher at a Madrasah Diniyah since 1994 and now teaches at various Madrasah / Schools, including:

A. Madrasah Al-Hidayah Diniyah Lemahmekar Indramayu
2. Madrasah Diniyah As'saamiyah Customs Udik Indramayu
3. National Junior High School Pekandangan Indramayu
4. National Vocational High School Pekandangan Indramayu

Praise be to Allaah are also active in various activities, including:

- Chairman Koprasi National Vocational High School Pekandangan Indramayu
- Chairman of the Board of Masjid Al-ishlah Prosperity Margadadi Indramayu
- As an Honorary Instructor in the Ministry of Religious Indramayu District

Education, after graduating from the bench of Economics Vocational High School in 1995, does not necessarily continue their education in college, but Praise be to Allaahin 2005 received his education from the College of Islamic Religion Al-AyyubiSaalahuddin Jakarta, and now again take Alhamdulillah Post Isalam scholar at the Institute of Religious Affairs "Sheikh Nurjati" Cirebon.

Residence, as avoidance of sun and cold rain, Alhamdulillah we occupy a shack in the State Savings Bank Housing Margalaksana Indah 2, Jalan Mataram 2 Number 05, Village Margadadi Indramayu, Indonesia.

Moto:

- Any person who is taking seriously surely succeed
- Idea Without action is day dreaming
- Life must crystallization sweat, accompanied by prayer effort key to success




Biografi Samsul

Perjalanan Hidup Samsul

Samsul lahir di Desa Lemahmekar Indramayu 25 Desember 1975. Putra pertama dari Tuan Yohanto. A Nugraha dan Nyonya Warniti. Adalah  Nunung Nurhaeni istri tercintaku bekerja sebagai  PNS  di  PU Cipta Karya Kabupaten Indramayu, Farah Annisa Haya anak Sulungku dan Fathurrahman Hafiz anak Bungsuku buah cinta kami berdua.
Perjalanan karirku,  menjadi seorang Guru di sebuah Madrasah Diniyah sejak 1994 sampai sekarang mengajar di berbagai Madrasah / Sekolah, diantaranya :

1. Madrasah Diniyah Al-Hidayah Lemahmekar Indramayu
2. Madrasah Diniyah As'saamiyah Pabean Udik Indramayu
3. Sekolah Menengah Pertama Nasional Pekandangan Indramayu
4. Sekolah Menengah Kejuruan Nasional Pekandangan Indramayu

Al-Hamdulillah aktif juga diberbagai kegiatan, diantaranya :

- Ketua Koprasi di Sekolah Menengah Kejuruan Nasional Pekandangan Indramayu
- Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al-Ishlah Margadadi Indramayu
- Sebagai Penyuluh Honorer di Kementrian Agama Kabupaten Indramayu

Pendidikan, setelah lulus dari bangku Sekolah Menengah Ekonomi Kejuruan pada tahun 1995, tidak serta merta melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, Tapi al-hamdulillah pada tahun 2005 mendapat gelar pendidikan dari Sekolah Tinggi Agama Islam Saalahuddin Al-ayyubi Jakarta, dan Alhamdulillah sekarang lagi menempuh Pasca Sarjana di Institut Agama Isalam Negeri " Syekh Nurjati" Cirebon.

Kediaman, sebagai penghindar dari terik matahari dan dinginnya air hujan, Alhamdulillah kami menempati sebuah Gubuk di Perumahan Bank Tabungan Negara Margalaksana Indah 2, Jalan Mataram 2 Nomer 05, Kelurahan Margadadi Indramayu, Indonesia.

Moto :

- Barang siapa yang bersungguh sungguh pasti berhasil
- Idea Without action is day dreaming
- Hidup harus kristalisasi keringat, usaha dibarengi do'a kunci keberhasilan





Selasa, 10 April 2012

Puisiku

Ritus Pengantin


Memandang hujan pada matamu. Seribu lukisan
tergantung mengirimkan pesan kemarau
lewat telepon yang berdering di kamar
menggenapkan kekalahan atas kesunyian. Waktu
terlalu lama kita berdusta pada musim
mengetuk percakapan. Di beranda
hujan mengabutkan airmata mengisyaratkan gerhana
hari memberat. Menggantungkan impian
masa kanak-kanak dan kau jadi batu
pada kediamanku. Seperti setiawati bagi narasoma
membuka padang-padang tertusuk ilalang
terluka. Kubasuh sepanjang kelengangan
dan airmata terus mengguncang hatimu
penuh genderang kuru serta dalam cawan darah
kulangkahkan mahar atas ritus ini

INDRAMAYU

Senin, 09 April 2012

contoh karya tulis dan makalah




ANALISIS
PENDIDIKAN ISLAM DALAM PRESFEKTIF SOSIOLOGI
   A.    Analisis Tentang Pendidikan Islam Dalam Presfektif Sosiologi
Tantangan yang dihadapi oleh pendidikan khususnya pendidikan Islam dalam kacamata sosiologi ketika kita merujuk pada teori Prof.Dr.H. Abdullah Ali, M.A dalam bukunya Sosiologi Pendidikan dan Dakwa halaman 173 terdapat dua aspek  yaitu terkait dengan proses modernisasi dan yang kedua terkait dengan informasi global. Dimana kedua masalah tersebut sangat mempengaruhi bagi pendidikan khususnya pendidikan Islam. Adapun masalah yang terkait dengan proses modernisasi berdampak pada :Orang mulai mengalami kehidupan modern, Berkembangnya tradisi rasionalisme, Munculnya gerakan emansipasi dan budaya tekhnologi, Gejalah borjuisme, Kesadaran zaman baru, Kekacauan social politik, dan Menimbulkan krisis kemanusiaan
Beberapa Aspek diatas tidak dapat dihindari Dan mau tidak mau pendidikan kita harus menerima. Dimana dampak modernisasi itu berpengaruh bagi pendidikan termasuk komponen-komponen yang ada di pendidikan seperti kurikulum, guru, murid, media pembelajaran, metode, strategi tak terkecuali lulusannya. Disamping proses modirnisasi informasi global jga sangat berpengaruh bagi pendidikan, yang salah-satu dampaknya adalah :persaingan ketat, transformasi budaya asing tanpa batas, cenderung bebas norma bebas nilai, berkembangnya sikap hidup materialisme dan hedonisme, degradasi nilai spiritual. Pendidikan Islam harus bias membawa visi dan misi Islam, seperti Visi dari pendidikan Islam adalah haru mewujudkan model pendidian islam terpadu berbasisikan Islam, sedangkan misi dari pendidikan Islam sendiri adalah : membimbing siswa hidup dijalan Islam, menggerakan pengetahuan berdasarkan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islam, menghaluskan Akhlak siswa, mendidik jiwa serta menanamkan nilai-nilai sosial kebajikan. Jadi walaupun dewasa sekarang ini pendidikan Islam mempunyai banyak tantangan baik modernisasi atau globalisasi, pendidikan Islam dituntut harus bias mewujudkn visi dan misi nya.

B.     Deskripsi Masalah Pendidikaan yang ada di Sekolah
Banyak masalah-masalah yang terjadi di lembaga pendidikan Islam baik meyangkut mengenai sarana atau prasarana pendidikan tersebut. Misalnya ada lembaga pendidikan yang notabennya Islam tapi keluaran Tau Out Put pendidikannya jauh dari hasil yang diinginkan sesuai dengan visi dan misi pendidikan itu sendiri. Dimana keluaran dari pendidikan apalagi pendidikan Islam harus kelurannya/lulusannya mempunyai pengetahuan yang luas dan berakhlakul karimah, tapi kenyataannya masi banyak lembaga pendidikan yang tidak bisa mencetak  lulusan yang demikian, mungkin faktornya cukup banyak, diataranya keprofesionalan guru seperti dalam lembaga tertentu ada sekolahan yang tidak memperthatikan keprofesionalan guru misalnya banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan kompetensinya seprti guru matematika mengajar agama dan lain-lain, padahal kondisi demikian sangat berpengaruh bagi tujuan pendidikan.
C.    Kaitannya masalah dengan teori pendidikan
Deskripsi masalah yang ada di poin B ketika kita kaitkan dengan teori-teori yang ada dalam  pendidikan adalah kita tau bahwa sosok guru idealnya harus berkompetensi. Tapi ketika seorang guru tidak berkompetensi dalam mengajar katakanlah tidak professional tujuan pendidikan tidak berhasil. Al-Qur’an sendiri memberikan teori kepada kita seperti dalam surat Al-Nahl ayat 43 ( kalimat Ahl Dzikir : ahli peringatan) bahwa seorang pendidik harus ahli dalam bidang apapun terutama terhadap bidang yang diajarnya, terlebih dalam hadis nabi dikatakan bahwa ketika psuatu perkara tidak diberikan kepada yang ahlinya maka timbulah kehancuran. Jadi kesimpulannya seorang guru dalam lembaga pendidikan manapun harus ahli agar tujuan pendidikan dapat tercapai.